Pertanyaan dan Jawaban Mengenai PPDB 2016

Berapa biaya pendaftaran PPDB SMK Negeri 2 Kebumen?

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 tidak dipungut biaya pendaftaran.


Saya ingin mendaftar bagaimana caranya?

Mengisi formulir pendaftaran secara online, mencetak formulir pendaftaran dan kartu pendaftar. Lengkapi berkas persyaratan sesuai dengan ketentuan yang ada pada pengumuman PPDB SMK Negeri 2 Kebumen, siswa datang ke kampus SMK Negeri 2 Kebumen pada waktu yang telah ditentukan bersama orang tua, rambut rapi, berpakaian seragam sekolah dan bersepatu. Mengikuti seluruh tahapan PPDB SMK Negeri 2 Kebumen yang ada.


Apa yang perlu disiapkan sebelum mengisi formulir pendaftaran?

NISN, nomor peserta UN, nilai UN, biodata pendaftar dan orang tua.


Saya calon pendaftar dari luar provinsi, apakah saya bisa mendaftar?

Bisa!, dengan melampirkan surat pengantar/rekomendasi dari dinas DIKPORA tempat SMP asal calon pendaftar bernaung.


Bagaimana urutan pendaftaran PPDB SMK Negeri 2 Kebumen?

Mengisi dan mencetak formulir pendaftaran (online) -> Cek Fisik -> Cek Kesehatan dan Buta Warna -> Meminta stopmap kepada petugas -> Verifikasi Formulir dan berkas Persyaratan oleh Panitia -> Wawancara dengan didampingi orang tua siswa -> Meminta cap pengesahan kartu peserta PPDB -> Pantau jurnal harian.


Cek fisik meliputi apa saja?

Cek fisik meliputi pemeriksaan kondisi tubuh seperti apakah calon pendaftar cacat tubuh yang dapat menggangu kegiatan pembelajaran praktik, tidak bertato, rambut tidak dicat, pengukuran tinggi badan dan berat badan. Khusus untuk calon pendaftar putra tidak bertindik. Apabila calon pendaftar dinyatakan lolos tahapan pengamatan fisik, maka akan diberikan surat keterangan lolos pengamatan fisik sebagai syarat melalui tahapan pendaftaran berikutnya.


Nilai saya tinggi, tapi tinggi badan saya kurang, apakah saya dapat pengecualian?

Tidak!, perlakuan terhadap semua calon pendaftar adalah sama, apabila tinggi badan calon pendaftar kurang dari ketentuan (152cm untuk putra dan 147cm putri), maka calon pendaftar tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya.


Cek kesehatan meliputi apa saja?

Cek kesehatan meliputi pemeriksaan kondisi kesehatan calon pendaftar, pengukuran tekan darah dan tes buta warna.


Saya sudah mempunyai surat keterangan sehat dari dokter lain, apakah bisa digunakan?

Tidak!, tahapan tes kesehatan dan buta warna wajib dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kebumen.


Apakah tes kesehatan dipungut biaya?

Ya!, tes kesehatan dipungut biaya sesuai dengan standar yang ditentukan oleh petugas kesehatan.


Berkas persyaratan saya kurang, apakah saya bisa mendaftar?

Lengkapi terlebih dahulu berkas yang dipersyaratkan kemudian lanjutkan proses pendaftaran.


Apakah berkas pendaftaran boleh saya bawa pulang kembali?

Tidak!, berkas pendaftaran wajib diserahkan pada panitia PPDB SMK Negeri 2 Kebumen. Pendaftar tanpa berkas tidak akan diikutkan dalam perangkingan.


Apakah wawancara dimasukkan dalam kriteria penentuan diterima?

Tidak!, tahapan wawancara wajib diikuti pendaftar akan tetapi hasil wawancara tidak dimasukkan dalam perhitungan nilai akhir perangkingan, wawancara hanya bertujuan untuk melihat keseriusan siswa dan sarana penyampaian informasi berkaitan dengan SMK Negeri 2 Kebumen. Pendaftar yang belum mengikuti wawancara belum diikutkan dalam perangkingan.


Saya datang sendiri, apakah saya diperbolehkan mengikuti wawancara?

Tidak!, siswa wajib didampingi oleh orang tua atau wali siswa saat mengikuti wawancara dikarenakan ada formulir yang harus ditandatagani oleh siswa dan orang tua.


Saya harus datang bersama kedua orang tua saya?

Tidak!, cukup dengan salah satu saja baik ayah atau ibu.


Kartu pendaftaran untuk apa?

Kartu pendaftaran (Bukti Pendaftaran) digunakan sebagai bukti telah mengikuti seluruh tahapan pendaftaran, hal ini dibuktikan dengan kartu pendaftaran yang telah distempel oleh panitia PPDB. Simpan baik-baik kartu pendaftaran karena digunakan sebagai syarat pengambilan berkas apabila dinyatakan tidak diterima dan syarat saat daftar ulang apabila dinyatakan diterima.


Kapan jurnal pendaftaran dikeluarkan?

Jurnal pendaftaran dikeluarkan mulai tanggal 21 Juni 2016 jam 10.00 WIB dan diperbaharui sesuai dengan kebutuhan. Jurnal juga dapat dilihat secara online.


Apa jurnal pendaftaran?

Jurnal pendaftaran adalah peringkat sementara pendaftar yang berkasnya telah selesai diverifikasi. Jurnal ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan langkah-langkah yang diperlukan pendaftar. Jurnal bukan pengumuman dan berubah-ubah sesuai dengan kondisi pendaftar.


Saya ingin pindah jurusan/paket keahlian, bagaimana caranya?

Cabut berkas pendaftaran anda dibagian pencabutan berkas dengan menyerahkan kartu pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftar tidak perlu mengisi formulir secara online lagi. Mendaftar kembali tanpa melalui cek fisik dan tes kesehatan dengan menyebutkan nomer pendaftaran lama.


Nomor pendaftaran tidak ada atau nama berbeda bagaimana?

Silahkan konsultasikan kepada panitia PPDB.


Bagaimana merubah biodata dan nilai bila terjadi kesalahan pengisian?

Login dengan menggunakan NISN dan Kode Akses yang telah diberikan pada saat selesai pengisian formulir pendaftaran. Biodata dan nilai dapat diperbaiki selama pendaftar belum menyerahkan berkas pendaftaran dan telah diverifikasi datanya oleh panitia PPDB.

Bagaimana mendapatkan kode akses?

Setelah pendaftar selesai mengisi dan menyimpan formulir pendaftaran, Kode Akses dikirimkan ke alamat email yang diisikan pendaftar pada formulir pendaftaran. Cek Kotak Masuk atau folder Spam email tersebut.